Tips Cara Mengatasi Rembesan Air pada Dinding Rumah

Rembesan Air Pada Dinding
Air rembesan pada dinding rumah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya seperti hempasan air hujan yang mengenai dinding bagian luar, rembesan air yang naik dari dalam tanah, atau fungsi ruang yang saling berbatasan dengan dinding tersebut, seperti: toilet berbatasan dengan dinding.

 Apalagi jika dinding yang berbatasan dengan tetangga merupakan dinding satu bata. Bahkan rembesan air hujan pun yang masuk antara dua dinding, dapat mengakibatkan bercak pada dinding rumah.

Rembesan akibat retak di antara dua bidang dinding bertetangga, biasanya terletak di bagian atas dinding. Berbeda dengan rembesan dari akibat naiknya uap air dari dalam tanah, ini biasanya berada di bagian bawah dinding. Untuk itu, adukan dinding menggunakan trasraam.

Penyebabnya memang perlu dicari lebih dahulu. Setelah mendapatkan penyebabnya, maka segera dilapisi antibocor pada sumbernya. Memperbaiki permukaan dinding yang rusak tersebut dapat pula dengan cara mengupasnya dan refinishing kembali. Mudah-mudahan dinding rumah Anda dapat kembali bagus seperti sediakala/semula.

Apabila air di permukaan tanah naik dan pipa air bocor, biasanya kelembaban teralokasi dibawah 1 meter pada dinding rumah, dan terjadi terus-menerus sepanjang waktu tidak mengenal saat hujan atau tidak. Perlu anda ketahui, bahwa air tanah masuk ke dinding interior melalui kapiler material semen. Sumber penyebab utamanya adalah karena rendahnya suatu kualitas material plesteran baik dinding luar maupun dinding dalam.

Solusinya yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengerok plesteran kurang lebih 1 meter dari permukaan, kemudian ganti dengan plesteran baru dengan komposisi pasir dan semen 3 : 1, baru kemudian dilakukan pengecatan sesuai dengan tata cara prosedur yang benar. Adanya pipa air yang bocor?, biasanya terindikasi kurang lebih 1 meter dari dinding dasar. Ini akan mudah terlihat bercak basahnya, lebih parah dari bercak basah lainya. Solusinya : ganti pipa yang bocor, lalu plesterlah dengan komposisi material yang benar.

Semoga Dapat Membantu....

Comments

Popular posts from this blog

Decorate A Celestial Themed Nursery

Essential Tips Of Home Decoration And Gardening

Home Decor and Garden Products